PELANGI PENDIDIKAN

Nanang, Kusmana PELANGI PENDIDIKAN. JURNAL PELANGI. ISSN 1412 1555

[thumbnail of JURNAL  eli.docx] Text
JURNAL eli.docx

Download (1MB)

Abstract

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GAYA DAN ENERGI
(Penelitian Tindakan Kelas di kelas IV SD Negeri 3 Darmacaang
Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis)
Oleh:
Dodo, S.Pd

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Dari hasil analisis metode yang digunakan dalam pembelajaran masih monoton yaitu ceramah dan tanya jawab serta tidak melibatkan siswa secara langsung untuk menghubungkan pengetahuan yang dipelajarinya dengan kehidupan nyata, sehingga pembelajaran kurang bermanfaat bagi siswa serta berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Beranjak dari hal tersebut maka permasalahan yang dicoba diatasi melalui penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran cooperative learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa sehingga pembelajaran bermakna bagi siswa. Tujuan penelitian ini yaitu ingin meningkatkan kemampuan guru dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mengelola proses pembelajaran, peningkatan hasil belajar siswa serta faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran dengan menggunakan penerepan pembelajaran cooperative learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa tentang gaya dan energi pada pembelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model cooperativi learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 28 orang siswa Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian dilakukan dalam dua siklus 4 pertemuan. Siklus pertama dan kedua terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan observasi, refleksi dan tindak lanjut. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes, diskusi dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Data hasil penelitian dianalisis, diolah, dideskripsikan, didiskusikan dan dikaji ulang bersama-sama guru mitra, kemudian direfleksi sebagai bahan pertimbangan pada tindakan selanjutnya. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1)Kinerja guru dalam menyusun RPP menggunakan model pembelajaran cooperative learning sebesar 2,73% pada siklus I pertemuan 1 menjadi 3,00% pada siklus I pertemuan 2, siklus II pertemuan 1 menjadi 3,3% dan pada siklus II pertemuan 2 menjadi 3,6%; (2) Proses Pembelajaran dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang gaya dan energi mengalami peningkatan sebesar 2,41 pada siklus I P1, Siklus I P2 2,66 , Siklus II P1 3, Siklus II P2 3,6.(3) Hasil belajar siswa tentang sumber daya alam melalui pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran IPA di kelas IV dapat meningkat dengan baik. Siklus I P1 46,42, siklus I P2 64,28, siklus II P1 75, dan Siklus II P2 85,71.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin3@gmail.com
Date Deposited: 07 Aug 2023 07:16
Last Modified: 07 Aug 2023 07:16
URI: https://repository.stikipcatursakti.ac.id/id/eprint/29

Actions (login required)

View Item
View Item